Rabu, 27 Februari 2008

Sushi..

Hari Minggu kemarin gak ada rencana mo kemana-mana.. trus kepikiran buat bikin sushi.. mumpung bahan-bahannya dah dibeli sebelumnya..
Gak mo pake beras Jepang.. dan menurut resep bisa diganti sama beras biasa plus dicampur ketan.. perbandingannya 1 bagian beras dan 1/3 bagian ketan.. abis itu dimasak biasa pake rice cooker.. tapi sepertinya ukuran airnya mesti dikurangi supaya jadinya gak terlalu lembek.. sambil nunggu nasinya mateng, rebus rumput laut, cuka beras, kecap asin jepang, garam & gula.. tunggu sampe mendidih, trus angkat..
Kalo nasinya udah mateng, campur sama rebusan yang tadi.. trus aduk-aduk sampe rata..
Buat topping-nya, kemarin itu pake timun jepang, alpukat, telor dadar, udang & jagung rebus.. kita bikin 2 macem.. ada yang digulung pake gulungan sushi, sama ada yg dicetak.. sepertinya itu ada nama jepangnya deh.. tapi aku gak tau.. trus untuk isiannya, kita campur sesuka hati aja.. ada yang ditambah mayonaise juga..
Tapi sayang.. karena ini baru yg pertama kali, jadi masih gak tau cara yg bener.. pas gulung, nasinya terlalu banyak.. trus nasinya sendiri juga terlalu lembek, mungkin karena terlalu banyak air.. nambahin air rebusan-nya juga kurang, jadi nasinya hambar..
Kliatannya lain kali harus dicoba lagi lebih bener.. sayangnya kemarin lupa foto hasil sushi-nya.. trus kemarin makannya juga cuma pake kecap asin kikkoman aja.. belum nemu wasabi sama jahe merahnya..

Tidak ada komentar: